Kamis, 09 Juli 2009

Yonex OCBC US Open 2009

(Bulutangkis.com) - Langkah Taufik Hidayat sebagai unggulan pertama kejuaraan bulutangkis Yonex OCBC US Open 2009 masih belum menemui kesulitan berarti. Menghempaskan atlet Amerika berdarah Thailand, Sattawat Pongnairat di babak ketiga dengan 21-15, 21-16, Taufik dijadwalkan bertemu dengan unggulan kelima asal Kanada, David Snider di perempat final.

Taufik merupakan satu-satunya wakil Indonesia yang masih bertahan, setelah Reni Herlina menyerah di babak pertama dari andalan AS, Irin Wang dengan skor 15-21, 21-15, 21-16.

Turnamen ini memang tidak banyak bertabur pemain top dunia, khususnya dari Asia . Selain Indonesia yang hanya menyertakan dua wakil, negara Timur lain yang berpartisipasi dalam kejuaraan ini hanya Korea Selatan (1 wakil) dan Taipei (2 wakil). China memang menyertakan Gao Ling/ Wei Yili di sektor ganda putri. Namun unggulan kedua tersebut akhirnya mengundurkan diri.

Bila Asia minim pemain, sebaliknya AS menjadikan kejuaraan ini sebagai ajang menguji kemampuan atlet-atletnya. Dimotori Tony Gunawan, Howard Bach, serta Mona Santoso, (ketiganya juga tampil dalam Djarum Indonesia Open Super Series 2009 bulan lalu) negara adidaya tersebut menyertakan paling banyak atlet dalam kejuaraan yang berlangsung di OCBC Stadion, Orange County ini.

Hampir tidak ada kejutan yang terjadi di nomor tunggal putra hingga babak perempatfinal dilangsungkan. Semua pemain unggulan berhasil mengatasi lawan-lawannya sejauh ini. Taufik Hidayat (1), Carl Baxter (ENG, 3), Stefan Wojcikiewicz (CAN,4), David Snider (CAN,5), Yi Hsueh Hsuan (TPE, 6), Andrew Dabeka (CAN,7), dan Martin Bille Larsen (DEN, 8) akan saling berjibaku untuk memperebutkan tiket ke semifinal. Hanya unggulan kedua asal Belanda, Dicky Palyama, yang mengundurkan diri dan kalah walk over pada babak kedua.

Sementara itu, di sektor tunggal putri, sejumlah pemain unggulan juga masih bertahan hingga babak perempatfinal dan beberapa diantaranya akan saling berhadapan. Anna Rice (CAN, 1) akan berhadapan dengan Eva Lee (US, 6), sedangkan unggulan ke 4 asal US , Liliane Chow akan berjumpa dengan Michelle Li (CAN, 8). Kesuksesan Nicole Grether (GER, 5) menembus perempatfinal, sayangnya tidak diiukuti oleh pasangannya di ganda putri yang juga turun di nomor tunggal, Charmaine Reid (CAN,2). Reid yang kerap tampil dengan busana tank top kala bertanding itu menyerah mudah 9-21,9-21 di babak pertama dari Mona Santoso.

Di sektor ganda, beberapa pemain unggulan yang masih bertahan antara lain atlet Austria Jurgen Koch/Peter Zauner (Ganda Putra, #Seed 1), Howard Bach/ Tony Gunawan (Ganda Putra, #seed 7), Nicole Grether/ Charmaine Reid (Ganda Putri, #seed 1), Halim Haryanto /Peng Yun (Ganda Campuran, #seed 1), serta William Milroy/Fiona McKee (Ganda campuran, #seed3). (mk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar